Sunday, April 23, 2017









     Kali ini akan dijelaskan tentang jenis-jenis pondasi dangkal.Sebelumnya pengertian pondasi ialah bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur diatasnya menuju ke tanah.sedangkan pondasi dangkal ialah pondasi yang dibuat tidak terlalu dalam hanya sekitar 0-3 meter dan juga bangunan yang dibuat tidak terlalu tinggi.pondasi dangkal dibagi jadi beberapa jenis yaitu :



   A.  Pondasi Dangkal Setempat 


1.         Pondasi Sumuran
Pondasi Sumuran
 
     Pondasi sumuran adalah suatu bentuk peralihan antara pondasi dangkal dan pondasi tiang. Pondasi ini digunakan apabila tanah dasar terletak pada kedalaman yang relatif dalam. Jenis pondasi dalam yang dicor ditempat dengan menggunakan komponen beton dan batu belah sebagai pengisinya.
 
2.       Pondasi Telapak Setempat

Pondasi Telapak Setempat
     Pondasi Telapak setempat, dibuat dari bahan konstruksi beton bertulang dengan  bentuk plat persegi. Pondasi telapak ini juga disebut dengan voetplat.


3.       Pondasi Pilar


Pondasi Pilar Terbuat dari pasangan batu kali dengan bentuk mengerucut.pondasi pilar biasanya di rumah rumah lama ataupun rumah panggung.


    B. Pondasi Dangkal Menerus.


1.         Pondasi Pasangan Batukali dan batu bata

Pondasi Pasangan Batukali
     Pondasi pasangan batukali ialah jenis pondasi yang strukturnya terbuat dari pasangan batukali yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk struktur yang kokoh bahkan mampu untuk mendukung beban dinding beban batu bata rumah maupun pagar rumah.sedangkan pondasi pasangan batu bata hampir sama dengan pondasi pasangan batu kali hanya saja penyusun strukturnya ialah batu bata itu sendiri.


2.       Pondasi Telapak Menerus.

Pondasi Telapak Menerus
     Pondasi Plat Menerus ialah pondasi yang strukturnya terbuat dari beton bertulang perbedaanya dengan plat setempat ialah pondasi plat menerus dibuat agar dapat menahan beban dari dinding rumah ataupun beban merata diatasnya.


   C.  Pondasi Rakit.


Pondasi Rakit
     Pondasi rakit ialah Pondasi yang bagian bawah  strukturnya berbentuk rakit melebar keseluruh bagian dasar bangunan. pondasi rakit digunakan jika lapis tanah memiliki kapasitas dukung tanah rendah, sehingga jika menggunakan fondasi telapak luasan besar.


0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blogroll

Blog ini berisi informasi-informasi tentang seputar dunia Ketekniksipilan dan juga tutorial pengguanaan perangkat lunak AutoCad, jadi terus kunjungi blog ini.

Popular Posts

Blog Archive